Friday, January 28, 2011

SNB (SOCIAL NETWORK BUSINESS)


Bersosialisasi di dunia maya awalnya dimulai dengan email, ditambah halaman pribadi (homepage). Dengan kehadiran situs-situs layanan social network (jejaring social) ala Facebook dan Friendster, membuat proses sosialisasi menjadi semakin mudah.
Bila diteliti lebih lanjut, dari berbagai macam situs layanan social network, pada dasarnya mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk berinteraksi secara sosial di dunia maya. Entah itu dengan teman yang telah di kenal di dunia nyata, atau teman2 baru di dunia maya, yang belum tentu dikenal tapi mempunyai suatu persamaan.
Seiring dengan begitu hebohnya tren social network, maka semakin banyak bermunculan layanan jejaring sosial baru yang inti layanannya tidak berbeda jauh. Dengan kemasan yang beragam, lengkap dengan bumbu yang berbeda, siap untuk disajikan ke pasar yang berbeda (niche social network).
Asumsi ini jadi semakin sah dengan banyaknya komunitas yang mulai mengadopsi fitur social network ke dalam layanan mereka. Contoh nyata adalah yang awalnya adalah forum diskusi yang kini telah menambah fitur tambah teman, meskipun penerapannya tidak semulus yang diharapkan.
Manfaat
  • Mengisi informasi berkenaan dengan diri mereka.
Para pengguna Friendster dapat mengisikan informasi tentang diri si pemilik account sesuka pemilik account tersebut, mereka dapat mengisikan tentang status, perusahaan tempat bekerja, pekerjaan, sekolah, hobi dan kesukaan, buku, musik, film dan acara TV kesukaan di fitur Edit Profile.
  • Membuat halaman pribadi yang indah dengan sangat mudah.
Tentunya para pemilik account Friendster ingin memiliki tampilan indah dan menarik di halaman pribadi mereka atau dalam Friendster sering disebut Profile. Profile atau halaman pribadi dapat diedit dengan menggunakan fitur Edit Profile yang di dalamnya terdapat beberapa bagian yang memungkinkan pemilik account untuk mengubah background halaman pribadi mereka dengan foto atau gambar yang mereka mau dan dapat pula menambahkan video ataupun musik dari internet.
  • Mendapatkan teman dengan lebih mudah dan cepat.
Pada dasarnya semua Jaringan Sosial bertujuan agar mempermudah semua orang untuk dapat berinteraksi tanpa mengenal jarak dan waktu, dengan banyaknya anggota Friendster maka semakin mudah pula para pemilik account Friendster dapat mencari teman-teman baru sesuai keinginan mereka.
  • Melihat horoskop terbaru.
Horoskop merupakan sebuah fitur baru di Friendster yang dapat diakses oleh setiap anggota Friendster dan fitur horoskop ini setiap hari berubah.
  • Mengirimkan pesan pribadi kepada teman dengan lebih mudah dan gratis.
Di zaman modern seperti sekarang ini semua orang membutuhkan semua hal prosesnya cepat dan mudah, Frienster menyediakan fitur Message untuk para anggotanya agar dapat saling berkirim pesan dengan mudah.
  • Menulis pengalaman atau cerita atau berbagai hal lainnya untuk di share kepada para teman secara lebih mudah.
Friendster memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan untuk menulis pengalaman atau cerita seoarang pemilik account, yaitu menggunakan fitur Bulletin Board, Reviews, Blogs, Messages, dan Comments.
  • Bahkan untuk mengingatkan ulang tahun teman pun, Friendster telah memberikan fitur yang sangat mudah dan otomatis (tanpa kita perlu mengetikkan informasi apapun, namun .
Kelemahan
  • Menajadikan pengguna layanan jaringan sosial menjadi malas bersosialisasi secara langsung.
Dengan adanya jaringan sosial yang semakin marak akhir-akhir ini membuat masyarakat semakin mudah dalam berinteraksi satu sama lain tanpa mengenal jarak dan waktu, hal ini pulalah yang akhirnya mengakibatkan manusia malas untuk berinteraksi secara langsung. dengan orang lain karena dengan adanya layanan jaringan sosial manusia tidak dituntut untuk dapat bertemu dengan langsung
  • Memberikan dampak negatif untuk kesehatan.
Sebenarnya tidak hanya jaringan sosial saja yang mengakibatkan dampak negatif bagi para penggunanya karena yang mengakibatkan adalah alat yang digunakan manusia untuk dapat mengakses layanan tersebut yaitu komputer.
Banyak pengguna komputer yang mengabaikan dampak penggunaan komputer terhadap kesehatan mereka, baik kesehatan mata dan bagian tubuh lainnya yang mungkin akan menjadi terganggu karena menggunanakan komputer dengan waktu yang cukup lama.
  • Menjadi korban kejahatan di Internet.
Ini adalah dampak yang sering kali diabaikan oleh para pengguna layanan jaringan sosial khususnya Friendster. Karena tak jarang kebanyakan dari para pengguna layanan ini tergolomg “awam” dalam berinternet. Oleh karena itu tingkat kewaspadaan mereka, serta kesadaran akan keamanan informasi masih sangat minim.
Karena banyaknya pengguna layanan Friendster, serta beragamnya para pengguna itu sendiri dari berbagai macam lapisan masyarakat, anak muda, keluarga, dan lain sebagainya, yang tentunya tidak semua dari mereka sadar dan mengerti akan pentingnya keamanan informasi.

No comments:

Post a Comment