Friday, January 28, 2011

Koneksi Cepat Menggunakan Modem Colok.


Koneksi internet yang sekarang ini makin merebak dinegara-negara maju, membuat  para provider internet saling berlomba untuk dapat menawarkan koneksi internet tercepat dan termurah. Belakangan ini modem yang hangat diperbincangkan oleh orang-orang ialah modem colok. Dibandingkan dengan menggunakan akses internet ADSL, penggunaan modem colok jauh lebih efisien.
Dengan bentuknya yang kecil, modem ini bisa digunakan kapanpun dan dimanapun. Bagi orang yang di rumahnya tidak menggunakan jasa telepon (otomatis tidak dapat menggunakan modem ADSL) biasanya menggunakan modem colok.  Saya pun dirumah menggunakannya untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah (tinggal dicolok ke laptop) .
Modem colok termasuk dalam jenis koneksi EVDO.  EVDO merupakan sebuah standart pada wireless broadband berkecepatan tinggi. Seperti yang dikutip pada wikipedia EVDO adalah singkatan dari “Evolution, Data Only” atau “Evolution, Data optimized”. Juga merupakan interface data berkecepatan tinggi pada media udara. EVDO adalah satu dari dua macam standar utama wireless Generasi ke-3 atau 3G.
3G desain untuk meningkatkan kecepatan data maupun voice dengan memanfaatkan jaringan telepon seluler yang telah ada. Dimana, kendala utama untuk menerapkan jaringan nirkabel berkecepatan tinggi adalah minimnya bandwidth, atau range frekuensi yang dapat dipakai. Dengan banyaknya frekuensi radio yang dapat ditekan/dirampingkan pada gelombang FM, maka tidak terlalu banyak data yang bisa memanfaatkan bandwidt tersebut. Qualcomm dapat memecahkan masalah ini lalu kemudian Teknologi ini dikembangkan. Produk Smart yang relatif murah, namun memiliki akses internet berkecepatan tinggi menggunakan teknologi EVDO ini.
Secara teori EVDO mampu melewatkan 2.4 megabits per second. Tentu saja ini lebih cepat dari DSL dan broadband cable yang ada. Pada sebuah video conference di Amerika, yang digunakan oleh seseorang yang berada didalam kendaraan pada kecepatan 60 mil/jam (90km/jam), sedangkan pada demo yang lain sebuah telepon dicoba dari sebuah bullet train yang bergerak melebihi 150 mil/jam (240 km/jam).Selain itu, kelebihan EVDO dibandingkan CDMA biasa, tentu lebih mengirit spektrum frekuensi dari regulator dan amat mahal pastinya, menurunkan biaya pengembangan dan memanfaatkan jaringan baru.
Untuk pembahasan kali ini saya akan membahas tentang beberapa provider modem colok, yaitu IM2 Broadband (Indosat) dan Flash (Telkomsel).
Flash Telkomsel
Telkomsel Flash ialah  layanan internet tanpa kabel (wireless) yang disediakan oleh TELKOMSEL untuk seluruh pelanggannya (kartuHALO, simPATI dan Kartu As). Layanan ini didukung dengan teknologi hsdpa/3G/edge/gprs Telkomsel yang dapat menghasilkan kecepatan download sampai dengan 3.6 Mbps.
TelkomselFlash memberikan keuntungan-keuntungan kepada pelanggannya, yaitu :
*Mudah Dikontrol*
Dengan pilihan paket Unlimited, anda dapat menggunakan internet sepuasnya tanpa khawatir dengan batasan waktu dan kelebihan biaya akses. Bagi anda pengguna kartu prabayar (simPATI atau Kartu As), anda bisa lebih mudah mengontrol penggunaan internet dan pengeluaran anda dengan memilih paket berbasis waktu (Time Based)
*Fleksibel*
Anda dapat menggunakan & mendaftarkan kartu TELKOMSEL apa saja, baik kartuHALO, simPATi ataupun Kartu As.
*Kecepatan Tinggi*
Anda dapat menikmat pengalaman akses internet dengan kecepatan hingga 3.6 Mbps .
*Jangkauan Jaringan yang Luas*
Akses internet dimana saja dan kapan saja, dalam jangkauan jaringan 3G/HSDPA TELKOMSEL.
Paket yang tersedia adalah:
Jenis PaketHarga (Rp)Kecepatan Max
Basic125.000256 kbps
Advance225.000512 kbps
Pro400.0003,6 Mbps
IM2 Broadband
indosat m2
IndosatM2 atau yang dikenal dengan IM2 adalah sebuah produk dari indosat yang menyediakan akses internet prabayar yang berbasis teknologi 3g. Dengan menggunakan modem berjalan (mobile internet/mobile broadband), IM2  ini menjadi salah satu produk yang banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk mengakses internet dari manapun dan kapanpun. Produk IM2  ini disediakan dalam dua jenis produk yang berbeda, yaitu Broom Classic dan Broom Unlimited.
Teknologi 3,5G adalah teknologi yang merupakan penyempurnaan dari teknologi 3G. Teknologi ini merupakan teknologi transmisi data pita lebar yang berbasis HSDPA atau High-Speed Downlink Packet Access yang merupakan pengembangan dari W-CDMA. Teknologi ini mampu mengirimkan data dengan kecepatan 10 kali lipat dari kecepatan 3G. Jika dibandingkan dengan teknologi transmisi data sebelumnya, bisa dilihat bahwa kecepatan 3,5G jauh mlebih tinggi. Sebagai gambaran, koneksi GPRS maksimal hanya 50kbps, EDGE atau yang sering disebut dengan teknologi 2,75G hanya sampai 150kbps, dan 3G sendiri maksimal sampai dengan 384kbps. Sedangkan 3,5G yang berbasis HSDPA dapat mentransfer data dengan kecepatan hingga 3,6 Mbps.
Setelah saya mencoba kedua provider tersebut, biarpun sedikit subyektif saya menyimpulkan untuk kecepatan akses internet Im2 broadband lebih unggul. tetapi dari segi jangkauan TelkomselFlash lebih unggul dikarenakan jaringannya yang sangat luas.

No comments:

Post a Comment